ASPERGILOSIS

PENGERTIAN
          Penyebab aspergilosis adalah jamur Aspergillus yang banyak dijumapai di daerah tropis. Mikosis viseral ini disebabkan oleh Aspergillus fumigatus, A. niger atau aspergillus lainnya.
          Di bawah mikroskop jamur khas bentuknya, berupa konidiofor yang membesar di ujung hifa. Di dalam jaringan, eksudat atau dahak, jamur berbentuk filamen yang bersepta. Pada biakan Agar Sabouraud kelabu kehijauan dengan bentukan seperti kubah yang berada di tengah konidiofor.

GEJALA KLINIS ASPERGILOSIS
          Pada penyakit yang ringan keluhan dan gejala dapat berupa sinusitis, batuk dan demam. Pada aspergilosis  paru  yang invasif terutama yang sistem imunnya terganggu (misalnya penderita AIDS), nyeri dada, hemoptitis, batuk berdahak mukopurulen, gambaran bronkopulmoner akut maupun kronis. Aspergilosis sukar dibedakan dari tuberkulosis.


PENGOBATAN DAN PENCEGAHAN ASPERGILOSIS
          Amfoterisin B yang diberikan melalui infus perlahan-lahan dapat memberantas jamur yang ada dijaringan. Itrakonazol dapat diberikan per oral sedangkan preparat iodida diberikan untuk pengobatan lokal. Untuk mempercepat pengeluaran jamur dari dalam abses, dapat dilakukan drainase abses.
          Untuk mencegah penyebaran aspergilosis, kebersihan lingkungan, terutama kandang unggas harus dijaga dengan baik. Sekreta unggas harus dihindari, dan penderita aspergilosis yang batuk kronis akibat aspergilosis alergika juga harus dijauhi.

Komentar

Postingan Populer