DERMATOMIKOSIS

PENGERTIAN
         Infeksi jamur yang menyeang kulit ini juga disebut ringworm, disebabkan oleh berbagai genus jamur, yaitu Microsporum, Trichophyton dan Epidemophyton. Jamur Microsporum canis dapat menyeran baik manusia maupun hewan (zoonosis).

GEJALA KLINIS DERMATOMIKOSIS
          Terdapat tiga kelompok dermatomikosis, yaitu tinea pedis yang terjadi dikulit dan kuku, tinea corporis atau tinea cruris yang terjadi dikulit yang tidak berambut, dan tinea capitis yang menyerang kulit dan rambut.
          Dermatophyt juga dapat menimbulkan infeksi sistemik, misalnya endokarditis, pada penderita yang mengalami gangguan sistem imun tubuhnya.


PENGOBATAN DAN PENCEGAHAN DERMATOMIKOSIS
          Pengobatan dermatomikosis dengan griseofulvin oral diberikan selama 1-4 minggu. Untuk dermatomikosis pada kuku, pengobatan diberikan selama beberapa bulan disertai pencabutan kuku untuk mempercepat penyembuhan.
          Pada infeksi kulit kepala, selain diberi griseofulvin selama 1-2 minggu diberikan juga pengobatan lokal dengan salep mikonazol. Dermatomikosis pada badan diobati dengan salep mikonazol, salep undesilin, larutan  asam salisilat atau larutan asam benzoat. Selain itu dapat diberikan selenium per oral.
          Dermatomikosis akut pada kaki dimulai dengan kompres kalium permanganat diikuti dengan pemberian obat anti jamur, sedangkan infeksi kronis cukup diobati dengan salep atau bedak anti jamur.
          Untuk mencegah infeksi dermatomikosis, kebersihan badan harus dijaga dan dihindari kontak dengan bahan tercemar jamur. Alat-alat dan instrumen kedokteran harus selalu disterilkan dengan minyak panas untuk menghindari penyebaran jamur pada waktu dilakukan tindakan medis.

Komentar

Postingan Populer