Minggu, 26 Februari 2012

GIARDIASIS

PENGERTIAN
          Penyakit giardiasis disebabkan oleh Giardia lamblia atau Lamblia intestinalis, atau Giardia intestinalis. Parasit ini tersebar kosmopolit di daerah tropis dan subtropis.

PENULARAN GIARDIASIS
          Parasit ini ditularkan melalui makanan atau minuman yang tercemar dengan tinja yang mengandung kista infektif parasit yang dibawa oleh lalat atau lipas. Dalam waktu setengah jam kista berubah menjadi bentuk trofozoit.
          Di dalam duodenum trofozoit memperbanyak diri. Jika suasana duodenum tidak sesuai bagi kehidupannya, trofozoit masuk ke dalam saluran empedu atau kandung empedu, dan berubah bentuk menjadi kista.

PATOGENESIS DAN GEJALA KLINIS GIARDIASIS
          Pelekatan parasit diusus menggunakan bati isap (sucking disc) menimbulkan berak lemak (steatore). Toksi yang dihasilkan parasit dan iritasi serta kerusakan jaringan usus menyebabkan terjadinya radang kataral, dan menimbulkan gejala dan keluhan beupa demam, nyeri perut, ganguan perut di daerah epigastrium, mual, muntah dan kembung. Selain itu, penderita mengalami diare, sindrom melabsorpsi vitamin A dan lemak serta anemia. Penderita juga mengalami reaksi alergi terhadap parasit ini.
          Anak-anak penderita giardiasis umumnya menunjukkan keluhan dan gejal klinis yang lbih berat dibanding orang dewasa.

PENGOBATAN GIARDIASIS
          Berbagai obat anti parasit yang dapat diberikan adalah Metronidazole, Ornidazole, Tinidazole, Nimorazole, dan Klorokuin.

PENCEGAHAN GIARDIASIS
          Mengobati penderita dan karier gardiasis merupakan salah satu upaya pncegahan, karena manusia merupakan sumber infeksi utama giardiasis.
          Selain itu, dicegah pencemaran makanan dan minuman dengan tinja infktif oleh lalat, lipas atau tikus, dan memask makanan dan minuman dengan baik. Mencegah pencemaran air minum oleh tinja dengan membuat kakus yang higienis, serta melarang pemakaian tinja segar untuk pupuk tanaman dapat mencegah penyebaran giardiasis pada masyarakat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar