Kriptosporidiosis

PENGERTIAN
          Kriptosporidiosis pada manusia dapat disebabkan oleh Cryptosporidium parvum dan C. hominis, parasit yang termasuk protozoa zoonosis dari golongan koksidia. Infeksi dengan C. parvum dilaporkan dari seluruh  dunia, pada semua golongan usia dari bayi sampai usia lanjut. Penyebaran banyak terjadi pada pengunaan air minum yang tidak bersih, akibat lingkungan dan kebiasaan hidup yang buruk pada populasi yang padat.

GEJALA KLINIS KRIPTOSPORIDIOSIS
          Akibat masuknya sporozit ke dalam sel epitel usus akan terjadi kerusakan atau kematian sel epitel usus. Proses keradangan menimbulkan atrofi vili usus dan hiperplasi kripta.
          Gejala utama kriptosporidiosis adalah diare cair lebih dari 20 liter  per hari. Gejala dan keluhan lain adalah nyeri perut, mual, demam ringan, dehidrasi dan berat badan yang menurun. Sebagian penderita tidak menunjukkan gejala klinis maupun keluhan, tetapi penderita dengan kekebalan yang rendah atau terganggu sistem imunnya, misalnya penderita HIV / AIDS akan mengalami gejala klinis yang berat.

PENGOBATAN KRIPTOSPORIDIOSIS
          Belum ada pengobatan yang spesifik terhadap parasitnya. Karena infeksi pada orang norrmal akan sembuh sendiri, hanya dilakukan terapi suportif disertai penatalaksanaan cairan dan elektrolit pada diare yang berat.
          Antibiotika misalnya spiramisin dan paromomisin dapat diberikan pada immunocomprised patients, meskipun sering terjadi kekambuhan.

PENCEGAHAN KRIPTOSPORIDIOSIS
          Selalu mencuci tangan sebelum makan dan sesudah merawat penderita diare (manusia maupun hewan) sangat dianjurkan. Selain itu, menjaga kebersihan makanan dan minuman serta memasaknya sebelum dikonsumsi merupakan pencegahan yang dianjurkan.

Komentar

Postingan Populer