SARS

PENGERTIAN
          SARS (Severe Acute Respiratory Syndrome) yang dikenal juga sebagai pneumonia atipik, adalah infeksi saluran nafas akut yang mewabah di Asia, Eropa dan Amerika pada tahun 2002. Penyebab sindrom ini diduga adalah Coronavirus.
          Coronavirus adalah virus RNA dari famili Cornaviridae yang mempunyai virion berselubung, bersifat pleomorfik, berukuran 70-120nm. Virus ini disebut juga sebagai Corona virus pneumonia atau CVP merupakan strain baru virus Corona yang mirip dengan virus Corona pada sapi. Selain itu, SARS diduga juga terkait dengan virus baru lain yang menimbulkan demam dan metapneumovirus yang berasal dari famili virus yang sering menyebabkan gangguan nafas pada anak.

GEJALA KLINIK SARS
          Gejala awal SARS berupa demam di atas 38 derajat Celcius disertai menggigil, rasa sakit seluruh badan dan malaise. Sesudah 3-7 hari penderita menyembuh atau penyakit berjalan progresif. SARS yang progresif menimbulkan batuk kering, gangguan nafas, nafas pendek sehingga kadang-kadang membutuhkan bantuan pernafasan secara mekanik.

PENGOBATAN DAN PENCEGAHAN SARS
          Penderita harus dirawat di Rumah Sakit dan diisolasi agar tidak menular ke orang lain. Kepada penderita diberikan obat antivirus. Antibiotika juga diberikan apabila ditakutkan terjadi infeksi sekunder dengan bakteri. Selain itu, steroid juga dapat diberikan.
          Untuk mencegah SARS semua orang yang menunjukkan gejala klinik SARS, atau yang baru mengunjungi daerah epidemi SARS harus diawasi dan jika perlu diisolasi di Rumah Sakit selama 1 minggu. Orang-orang yang berisiko tinggi SARS harus selalu menggunakan masker khusus yang berfiltrasi tinggi, mengenakan pakaian khusus dan pelindung mata, dan selalu mencuci tangan sesudah kontak dengan penderita atau bahan infektif penderita.

Komentar

Postingan Populer