Strongiloidiasis

PENGERTIAN
          Cacing Strongyloides stercoralis atau disebut cacing benang (thereadworm) yang menyebabkan strongiloidiasis ini merupakan cacing zoonis yang tersebar luas di daerah tropis yang tinggi kelembabannya. Cacing betina dewasa hidup parasitik di dalam membrana mukosa usus halus, terutama di daerah duodenum dan jejunum manusia dan beberapa jenis hewan. Cacing jantan jarang ditemukan di dalam usus hospes definitifnya.

CARA PENULARAN STRONGILOIDIASIS
          Untuk melengkapi siklus hidupnya cacing ini tidak memerlukan hospes perantara. Hospes definitif tempat cacing dewasa hidup adalah manusia, sedangkan beberapa jenis hewan dapat bertindak sebagai reservoir host sehingga dapat menjadi sumber penularan bagi manusia. Telur cacing yang oleh induk cacing dikeluarkan di dalam mukosa usus, segera menetas menjadi larva rabditiform. Kemudian larva ini akan berkembang melalui tiga jalur siklus hidup, yaitu:
1.  Autoinfection
2. Siklus Hidup Langsung
3. Siklus Hidup Tak Langsung


GEJALA KLINIS STRONGILOIDIASIS
          Kelainan patologis pada strongiloidiasis disebabkan oleh larva maupun oleh cacing dewasa. Larva cacing pada waktu menembus kulit, menimbulkan dermatitis disertai urtikaria dan prurits. Sedangkan jika larva yang mengadakan migrasi paru banyak jumlahnya, dapat menimbulkan pneuminia dan batuk darah.
          Cacing dewasa yang berada di dalam muksa usus dapat menimbulkan diare yang berdarah yang bisa disertai lendir. Infeksi yang berat dengan cacing ini dapat menimbulkan kematian penderita.

PENGOBATAN DAN PENCEGAHAN STRONGILOIDIASIS
          Tiabendazol merupakan obat pilihan untuk strongiloidiasis. Obat-obat lainnya, misalnya levamisol, mebendazol, dan pirantel pamoate dapat juga digunakan, meskipun hasilnya kurang memuaskan.
          Tindakan pencegahan strongiloidiasis lebih sulit dilakukan dibanding pencegahan terhadap infeksi cacing tambang. Hal ini disebabkan oleh adanya hewan sebagai reservoir host. Selain itu terjadinya autoinfeksi di usus dan siklus hidup bebas di tanah menyulitkan pembeantasan parasit ini.

Komentar

Postingan Populer